Senin, 17 Oktober 2011

Asyiknya Belajar Bahasa Indonesia

Saya mempunyai sebuah mimpi, mengenai bagaimana belajar behasa Indonesia (terutama di bangku sekolah) menjadi menyenangkan.
Mengapa saya mempunyai keinginan demikian? Karena dulu sewaktu sekolah, saya merasa tak banyak yang saya dapatkan. Sederhananya begini, saya tak mempunyai info banyak tentang berbagai akses lomba tentang bahasa. Pun, guru saya tidak memfasilitasi untuk mengekspos karya saya. Misalnya saya mempunyai puisi, cerpen, hendak saya kemanakan? Belajar bahasa Indonesia di sekolah seperti hanya mendapatkan berbagai ilmu teoritis. Saya tak mengatakan kalau semua itu tidak berguna. Sama sekali bukan. Namun, saya ingin ada unjuk kerja.
Dengan belajar bahasa Indonesia apa manfaatnya untuk kehidupan nanti.
Nah, sekarang saya yang gantian menjadi guru. Saya selalu membayangkan kalau saya jadi siswa, apa yang saya inginkan dari guru saya. Dengan begitu setiap kebijakan yang saya ambil, terlebih dahulu saya memposisikan diri sebagai siswa..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar